Pages

Sunday, March 3, 2013

Cara Mengajarkan Anak untuk Sopan Santun

Berprilaku sopan dan ramah merupakan hal positif yang harus diajarkan sejak awal, karena dengan berprilaku sopan kita selalu dihargai dan menghargai setiap orang. Mengajarkan anak untuk sopan santun kepada setiap orang tentu hal yang susah-susah gampang. Karena mengajarkan anak untuk berbicara sopan adalah kewajiban setiap orangtua.
Berikut tips mengajarkan anak untuk berbicara sopan santun :

  • Mulailah dengan kata-kata sederhana, seperti “terima kasih” kepada orang yang memberinya pertolongan atau hadiah. Mengajarkan mereka dengan ucapan “tolong” saat butuh bantuan seseorang. Kata “maaf” saat melakukan kesalahan dan “permisi” saat lewat di depan orang. Lakukan hal tersebut, jika Anda sedang bersama anak dan memperhatikan tingkah mereka.
  • Jangan paksa anak jika mereka tidak ingin mengucapkan hal tersebut. Jangan membuat mereka malu di depan orang, yang harus Anda lakukan adalah untuk mengingatkan mereka dengan baik.
  • Perlakukan anak dengan baik dan lembut. Ajarkan mereka dengan hal-hal yang baik atau biasakan mengucapkan kata-kata baik di sekitar mereka. Misalnya, “sepertinya ada yang lupa ya nak?” atau “bilang apa ke ayah dan ibu?” dengan kata-kata yenga lembut tersebut akan membuat anak mengingat hal yang mereka ucapkan.
  • Selain memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, Anda juga dapat menggunakan media seperti film, buku atau lainnya untuk mengingatkan anak selalu sopan santun saat berbicara dengan orang.
   Anak cerdas, pintar dan berprilaku sopan santun kepada setiap orang tentu selalu menjadi keinginan setiap orangtua. Selain pengajaran yang intens dari orangtua, Anda juga harus memperhatikan lingkungan bermain anak, karena akan berpengaruh pada sikapnya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.