Pages

Wednesday, February 20, 2013

Pendidikan Agama untuk Anak-anak

Pendidikan Agama untuk Anak-anak

Pendidikan agama untuk anak-anak merupakan hal yang terpenting bagi orang tua untuk memperhatikanya. Mengingat perkembangan moral di akhir zaman yang menjauh dari ajaran agama.
Hal yang pertama kali yang harus dilakukan untuk memulai pendidikan agama untuk anak-anak adalah orang tua harus memberikan perhatian lebih kepada anak-anaknya terutama ketika akan melakukan sholat.

Pengenalan Sholat Kepada anak


Pendidikan Agama untuk Anak-anak 
Pengenalan sholat kepada anak sebaiknya dimulai sedini mungkin, mengingat sholat adalah tiangnya agama, sudah selayaknya selaku orang tua, sholatlah yang pertama kali di perkenalkan kepada anak-anak kita. Pengenalan sholat kepada anak dilakukan dengan cara senantiasa mengajak anak-anak kita ikut sholat berjama'ah.

Pelajaran Etika Kepada Anak 

Pelajaran etika kepada anak jangan pernah sekalipun menyepelekan pelajaran etika kepada anak, karena bagaimanapun juga semua orang tua pastinya menginginkan anaknya memiliki kepribadian yang santun sesuai dengan tuntunan Rosulallah. Fakta yang ada sekarang ini adalah minimnya pelajaran etika kepada anak, membentuk karakter anak yang tidak hormat dan menghargai orang-orang di sekitarnya, termasuk keluarganya, Naudzubillahi min Dzalik.

Pendidikan Agama untuk Anak-Anak Secara Dini

Pendidikan Agama untuk anak-anak secara dini bisa di mulai dari hal-hal yang mendasar, contoh kecilnya adalah dengan mengajari anak untuk selalu berdo'a sebelum makan, minum, tidur, dll. Semakin dini semakin baik, pendidikan agama untuk anak-anak akan terasa lebih ringan dan dengan segala keluguan anak-anak mereka akan mudah kita arahkan selama kita melakukanya dengan penuh kelembutan dan kasih sayang.

Kesimpulan dari yang saya uraikan di atas adalah betapa penting dan sangat penting sekali untuk memupuk pribadi anak kita, menjadi sosok yang berkepribadian baik, sholih/sholihah sesuai tuntunan Rosul. Semakin dini akan semakin baik, jangan tunggu anak kita tercinta tumbuh di tengah-tengah rusaknya pergaulan dan etika tanpa bimbingan dan tuntunan keimanan. 

Perlu di garis bawahi menyayangi anak bukan berarti memberikan atau mengabulkan semua keinginanya, sebagai orang tua haruslah berperan untuk senantiasa membimbing dan mengarahkan anak kita tercinta, dengan memberikan pendidikan agama untuk anak-anak secara dini termasuk didalamnya mengajarkan sholat, dan memberikan pelajaran etika sejak dini, Insya Allah kelak anak kita tercinta akan menjadi hamba yang sholih/sholihah

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.